PENGENALAN AUDIO

REVIEW TEKNIK MULTIMEDIA  | PERTEMUAN 5
Audio adalah Suara/bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Agar dapat tertangkap telinga manusia, getaran tersebut harus cukup kuat yaitu minimal 20 kali per detik. Jika kurang dari jumlah itu, telinga manusia tidak akan mendengarnya sebagai suatu bunyi

Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
1.Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
2.Personal
3.Cenderung satu arah
4.Mampu menggugah imaginasi

Program Audio
Program audio merupakan program yang dirancang untuk diperdengarkan kepada pendengar. Program audio ini direkam dan disimpan pada alat penyimpan, dapat dalam kemasan berupa kaset, ataupun CD.

Elemen Media Audio
Salah satu kelemahan Media audio adalah hanya mengandalkan suara, dalam penyampaian pesan atau informasi. Dengan kelemahan tersebut, maka dalam membuat sebuah media audio haruslah semenarik mungkin. Media audio mempunyai tiga elemen, yaitu:

# Unsur Kata
Merupakan kata-kata yang diucapkan oleh pemain (artis) secara teratur dan bermakna. Beberapa hal yang dapat dieksplorasi untuk memperindah sebuah media audio, penghayatan dalam pengucapan, intonasi, artikulasi, pilihan kata (diksi), dll.
# Unsur musik
Merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi. Musik dapat membuat sebuah media audio lebih menarik
# Unsur efek suara
Merupakan suara-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar, baik waktu, tempat, maupun suatu kegiatan atau peristiwa.

Peralatan Audio
- Mikrofon
- Mixer Console
- Speaker
- Open Reel
- Digital Audio Workstation
Adalah perangkat yang digunakan khusus untuk proses rekaman audio digital. Perangkat ini pada dasarnya adalah sebuah komputer yang dapat melakukan fungsi perekam, synthesizer, digital to analog converter (DAC), analog to digital converter (ADC), mixing, sound effect

Selain peralatan produksi dalam sebuah studio rekaman, ada juga beberapa alat elektronik portable yang digunakan sebagai alat perekam, diantaranya:
- Tape Recorder
- Digital Portable Recorder

File Audio Digital
1. WAV
2. Amiga IFF-8SVX (.IFF, .SVX)
3. Apple AIFF (.AIF, .SND)
4. Dialogic ADPCM (.VOX)
5. DiamondWare Digitized (.DWD)
6. MPEG Layer 3 (.MP3)
7. Next/Sun (.AU, .SND)
8. Real Media (.RM)
9. Sound Blaster (.VOC)
10. PCM Raw Data (.PCM)

Komentar

Postingan Populer