PENGENALAN ANIMASI
Animation
is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve
the illusion of continues motion (Ibiz Fernandes
McGraw-Hill/Osborn, California, 2002)
Berdasarkan arti harfiah “Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Berdasarkan arti harfiah “Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Animasi terbagi 2 kategori :
1.
Computer
Assisted Animation, menunjukan sistem animasi 2 dimensi. Contoh pencil
animation.
2.
Computer
Generated Animation, digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D
Jenis – jenis Animasi
1.
Animasi
cell yaitu kata cell berasal dari nama lembaran seluloid yang digunakan untuk
menggambar tiap frame. Teknik animasi di populerkan oleh Disney, animasi cell
juga di sebut animasi tradisional.
2.
Animasi
Frame adalah bentuk animasi yang paling sederhana. Contoh gambar gambar yang
berbeda terus di gerakkan.
3.
Animasi
Sprite gambar yang digerakkan dengan latar belakang diam. Sprite adalah bagian
dari animasi yang bergerak secara mandiri, contoh : burung terbang, planet yang
berotasi, bola mantul.
4.
Animasi
Path adalah animasi dari obyek yangn bergerak saepanjang garis kurva yang di
tentukan sebagai lilntasan. Misalnya pada pembuatan animasi kereta api, pesawat
terbang, burung dll.
5.
Animasi
Spline adalah representasi matematis dari kurva sehingga gerakan obyek tidak
hanya melintasi garis lurus melainkan berbentuk kurva.
6.
Animasi
Karakter, animasi ini biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film
kartun selalu bergerak bersamaan. Contoh : upin&upin. Software yang
digunakan adalah Maya Unlimited.
7.
Animasi
Vektor adalah garis yang memiliki ujung pangkal, arah, dan panjang. Animasi ini
mirip dengan aniamasi sprite.
Visual Efek
1.
Motion
dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisii terhadap waktu.
2.
Update
dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek.
3.
Perubahan
cahaya, posisi, orientasi, dan fokus kamera.
Metode Mengontrol Animasi :
1.
Full
Explicit control animator mengatur seluruh animasi dengan segala perintah
perintah yang akan dilakukan dalam animasi.
2.
Procedural
control berdasarkan komunikasi antar obyek untuk mendapatkan propertynya.
3.
Constraint-based
system pengonrolan terjadi karena pengaruh obyek lain dimana obyek tersebut
berinteraksi.
Anime
Animea
buatan jepang, anime biasanya menggukan tokoh tokoh karakter dan background
yang di gambar menggukan tangan dan sedikit bantuan komputer. Ada beberapa
genre anime yaitu :
·
Bishojo =
‘beutiful girl’ anime yang meceritakan karakter gadis cantik
·
Bishonen
= ‘beutiful boy’ anime menceritakan tentang pemuda yang tampan
·
Ecchi =
‘indecent sexuality’ contoh humor seks remaja
·
Hentai =
‘abnormal’, ‘perveted’ untuk meracu pornografi
·
Josei =
‘young woman’ anime tentang wanita
·
Shojo =
‘young lady’
·
Kodomo =
‘child’ anime anak-anak
·
Mecha
anime tentang robot raksasa
·
Moe anime
tentang karakter yang gagah atau cute
·
Seinen
anime yang yang di tujukan untuk pemuda atau pria dewasa
·
Mahoshojo
= ‘magical’
·
Shonen
anime untuk anak kecil laki laki
Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusFind 서울특별 출장안마 the best Atlantic City casinos and hotels in Atlantic City, NJ. Mapyro 충청북도 출장샵 compares the 대구광역 출장샵 Wynn rooms and suites. Find the best prices 오산 출장마사지 for 경기도 출장샵 rooms at